Sabtu, 31 Mei 2014

[FIELD REPORT] Hatsune MIKU EXPO 2014 in Indonesia



Yahallo...
Tidak terasa Miku Expo yang untuk pertama kalinya diadakan di Indonesia selama dua hari kemarin telah berakhir dalam suasana yg masih 'belum bisa move on' gw akan sampaikan Field Report dari acara kemarin. Yang pasti selama dua hari kemarin gw benar-benar mengalamai pengalaman yang tidak akan pernah terlupa seumur hidup. Di Field Report ini gw akan membahas perjalanan dan apa aja sih yang sudah gw alami selama dua hari berlangsungnya Miku Expo 2014 di Indonesia dan Panel Crypton yang diadakan pada hari kedua. Yuk mari kita simak lebih lanjut!

Ya walaupun banyak kejadian sebelum Miku Expo berlangsung tapi Miku Expo di Indonesia berjalan sukses kok dan rame. Dan sebetulnya dari beberapa kekacauan di internet menjelang Miku Expo sebenernya gw jadi menyadari Fakta bahwa lebih banyak 'netizen' yang mengaku 'fans' miku adalah berasal dari pelajar dari yang masih SMA, SMP, bahkan SD. Dengan beberapa yang mentalnya masih 'bocah' memposting hal-hal yang tidak perlu. 

Jangan salah paham dulu, gw bukan mau mendiskreditkan fans Miku yang masih pelajar, itu cuman oknum yang ngaku-ngaku fans. Soalnya kenyataannya banyak kok pengunjung yang masih pelajar bahkan gw banyak menemukan anak-anak yang mungkin masih SD. Anak-anak tersebut dateng bareng orang tua nya, ada yang sekeluarga dateng dan antri bareng gw.

Sebetulnya gw bisa mengerti klo mau mengungkapkan tidak bisa datang karena berbagai hal, tapi ada beberapa yang jelas tidak sepantasnya untuk diungkapkan ke publik dan ada beberapa yang bisa gw maklumi walaupun sebenernya sih buat orang lain yang baca ga penting amat dan ga peduli, alias... itu sih derita lu. So lain kali harap menahan diri untuk hal-hal yang sebenarnya akhirnya mempermalukan diri sendiri ya. Saat dan setelah konser berlangsung pun ada hal-hal yang memalukan tapi nanti deh akan coba di ceritain sedikit, dengan tujuan bukan mengumbar aib tapi untuk mengingatkan agar hal-hal seperti itu tidak terjadi lagi.




Hari pertama ke rajakarcis di radio dalam untuk nuker tiket. I got seat A-009!.

Gw sendiri berkesempatan untuk datang dua hari!. Hari pertama untuk datang eksibisi membeli beberapa merchandise dan nonton konsernya karena ambil konser yang Show 1. Lalu besoknya fokusnya ke mengikuti Panel Crypton yang diadakan karena gw berhasil mendapatkan invitationnya walaupun akhirnya ga cuman ikut itu tapi juga beli lagi merchandisenya.

Kondisi di JCC depan Gate Miku Expo sebelum dibuka.

Dan saat itu sempat Hujan deras gan! tapi dengan kekuatan cinta Miku, hujan pun akhirnya reda.
 

Sebenarnya apa itu sih Vocaloid? Hatsune Miku? well.. basically to put it simply.. Vocaloid adalah sebuah software singing voice synthesizer dari Yamaha, dan Hatsune Miku adalah bagian dari Vocaloid, yg mulai pada Vocaloid 2 yang dibuat oleh Crypton. Bisa dibilang Voicaloid itu enginenya, Hatsune Miku itu software yang berisi voice librarynya.


<Photographer: Acang Luphie>

Cerita sedikit, gw pertama kali kenal Miku itu sekitar akhir 2007-an. Sebelumnya gw pernah baca-baca di Internet klo ada software yang bisa membuat virtual vocal instrument tapi saat itu belum bener-bener aware dan liat hasilnya. Sampai ga lama kemudian teman sekelas gw dulu, yang di forum-forum terkenal dengan ID k1moch1 memperlihatkan PV Black Rock Shooter dan Last Night, Good Night. Saat itu gw spontan bertanya seperti yg gw rasa banyak orang juga yg awalnya seperti itu. "Ini lagu dari Anime apaan?" dan akhirnya k1moch1 menjelaskannya, itulah gerbang pertama gw masuk ke dunia Vocaloid dan akhirnya mengeksplor lagu-lagunya. Dengan bekal mencari ke forum-forum, dari youtube, sampe akhirnya tau yang namanya Niconico Douga, dan sampe tau dan punya produser Vocaloid Favorit. Thank You Kimolay!.

Untuk lebih lengkapnya tentang vocaloid, nanti akan gw jelasin dibawah dari hasil presentasi atau seminar yang dibawakan oleh Hiroyuki Itoh sang CEO Crypton. 


Jalur masuk antrian di Day 1.

Sebenernya culture vocaloid sendiri termasuk sangat-sangat baru untuk orang Indonesia pada umumnya karena terbukti dari pandangan yang masih skeptikal dan jauh lebih banyak yg ga tau. Gw masih inget ketika gw menunggu gate yang dibuka pada hari pertama banyak orang yang lalu lalalang menatap aneh dan ada beberapa yang menanyakan tentang Miku yang intinya... "Ini acara apaan sih? Miku itu APA?"

Ibu-ibu Random Lewat 1 : "opo sih iku?"
Ibu-ibu Random Lewat 2 : "iku to kartun miku sing bisa nyanyi joget joget"

Mas-mas Random: "Mas ini apaan sih? konser ya?"
Gw : "Iya Mas konser, konser Hatsune Miku tapi ada eksibisi nya juga"
Mas-mas Random: "Yang nyanyi kartun ya mas? bukan manusia"
Gw : "Iya mas bukan manusia"
Mas-mas Random: "Oh gitu, jadi si Hatsune Miku nya ga dateng ya dari jepang?"
Gw : "Bukan mas, yang nyanyi itu pake software voice synthesizer namanya Hatsune Miku, trus ditampilin di screen karakternya. Band nya pembawa musiknya sih manusia mas"
Mas-mas Random: "Oh gitu, terus apa menariknya?"

Just another ibu-ibu random lewat 1 : "Apaan sih ini, antrinya kayak antri sembako"
Just another ibu-ibu random lewat 2 : "Ga tau ini, kartun-karun gitu"


dan gw masih inget ada Ibu-ibu yang lewat sambil ngomel-ngomel karena merasa terganggu dengan banyaknya massa antrian ketika beliau akan menghadiri acara peringatan kenaikan Isa Al-masih yang sama-sama berada di JCC.


Udah pada mangkal nih, banyak yg bahkan sejak dari pagi-pagi banget karena incer nendo snow miku. Selain itu ada calo-calo juga ikut duduk-duduk sambil nawarin tiket yang wajah-wajahnya masih gw inget dari AFAID kmaren.


Miku Expo emang antriannya rame banget!
Berikut antrian diluar pas Day 1

Sampe malem loh ramenya


dan berikut Day 2 (LEBIH GILA LAGI! dari luar JCC sampe masuk rameeee)
 Tertangkap kamera calo yang sedang menawarkan tiket ke pengunjung.



Antrian merchandise Day 1

Day 2



Sebenernya melihat dari fenomena ini gw jadi berfikir bahwa...
Rata-rata Orang Indonesia emang lebih senang dan interest dengan Expo daripada Konser. So buat promotor jangan khawatir sih klo untuk masalah Expo.. lha AFAID aja eksibisi nya ampe segitu rame nya.

Cuman klo konser memang lebih spesifik sih ke orangnya yang memang benar-benar suka artis nya dan juga memang suka menonton konser. Dalam hal ini Hatsune Miku masih banyak yg pikirnya "ngapain nonton konsernya" tapi klo ngincer merchandise sih.. dah kyk orang kesetanan rebutan bantuan langsung tunai.

So sebenernya sayang sih Miku Expo cuman segini kecilnya eksibisi nya, padahal klo dibikin lebih luas dan gede bakalan bisa lebih sukses, potensinya juga jauh lebih besar. Barang-barang SOLD OUT loh, terutama nendo snow miku yang jelas-jelas limited. ludes dalam waktu kurang lebih 15 menit yang itu juga lama karena ngantrinya.

Gambar yang gw dapatkan di Day 2, SOLD OUT Kabeeeeehhhh (yg ijo itu sold out)

Antrian yang gila, dan gw mengantri di booth lain yang sebelahnya nendo itu lebih kacau lagi karena jelas-jelas gak teratur. Gw harus mengabiskan waktu berjam-jam hanya untuk antri membeli merchandise, sampe-sampe gw dan temen-temen yang lain sempet mainin dulu Project Diva F 2nd di Vita untuk beberapa lagu.

Lha terus bagaimana dengan konsernya?
Awalnya, gw sempet khawatir dengan kondisi Show 1 bakalan sepi, karena selain banyak yg belum sold out, juga karena bukan di hari libur. Tapi kenyataan berkata lain bahwa, Show 1 pun sukses dan rame!. ya mungkin show 2 dan show 3 bakalan lebih rame lagi!. Venue konser emang kecil sih, tapi semaraknya dan antusiasme pentonton tidak sekecil anu mu.. err.. I mean venue nya.

Ceritain lebih lanjut dong gimana konsernya?
bentar gan.... sabar...


Apa aja sih yang ada di Miku Expo?
Oke mari kita lihat!
Maafkan saya klo foto-foto nya ga bagus, karena memang bukan diambil dengan DSLR tapi saya cuman foto-foto pake kamera hape doank *hiks*.



PANEL ARTWORK

 Mostly emang memamerkan tentang Snow Miku.

 Yaaay, Melancholic Yaaay!!

Memamerkan beberapa artwork-artwork dari terbaik yang tergabung di piapro (piapro.net)
Maaf ya ga bisa ditampilin semua.



PIAPRO STUDIO



Pada bagian ini mempromosikan software editor untuk Vocaloid bernama Piapro Studio dan ada screen yang menampilkan tutorial membuat Hatsune Miku bernyanyi dengan editor Piapro Studio tersebut.


PIAPRO WALL

Disini kalian bisa menuliskan pesan dan kesan kepada Miku.

Piapro Wall di Day 1:



Day 2, Piapro wall ditambahin lagi space buat nulisnya... tapi tulisan gw jadi ketutup deh..


Beberapa hal menarik yang ditemukan di Piapro Wall:


Beberapa Fans Vocaloid 'Non Crypton' yang nyasar menulis di wall nya acara Crypton :v
tapi tenang saja Miku pasti menyampaikan pesan kalian kok.


Karena Bobotoh tidak hanya dukung Persib, tapi juga dukung MIKU!
tapi masih kurang, karena harusnya di bawahnya di tulis 'MIKU NU AING!'


Mentang-mentang ada steamroller, sehingga Rin berhenti menjadi Manusia (Loh memang bukan manusia kan?) lengkap dengan STAND dibelakangnya.
WRYYYYYYYYYYYYYYYYYYYY


Eh? What? Ecchi Muslimah?!?!


Dan ini dia yang usahanya sangat besar agar di notice oleh Miku senpai.
Disebelah gw ada orang Jepang yang melihatnya tertawa sambil bilang.. "woaah Sugee.. demo yarisugi hahaha"

Notice me Miku senpai

Iie Seapai, Grammar Nazi in action


Masih banyak sebenernya yang menarik, tapi gw harus keburu pulang kejar travel ke Bandung saat itu.



BOOTH KARENT 

Buat yang ga tau apa itu KARENT, ya KARENT ya bukan Kujou Karen desss, itu adalah sebuah label terbesar yang menaungi distribusi dan penjualan musik-musik Vocaloid, beli nya lewat iTunes. Salah satu circle Vocaloid dari Indonesia VOCALO.ID juga sudah diterbitkan via KARENT loh (http://karent.jp/)



Disini kalian bisa mendengarkan demo song dari lagu-lagu yang diterbitkan di KARENT, salah satu Producer favorit gw yang gw termukan ada demo song nya di Booth nya Karent adalah AVTechNo!


LIFE SIZE FIGURE MIKU



Ini dia berhala Miku skala raksasa yang jauh-jauh didatangkan dari Jepang. Kebanyang bawanya sesusah apa dan klo ada yang mau nyembah, silahkan. Musyrik, dosa ditanggung masing-masing.

Sayang banget ga ada background yang menarik, bener-bener boring jadinya pasti foto.


BOOTH MOBILE GAME MIKU


Lebih ke demo game yang belum diliris, masih beta saat gw coba di boothnya.


Gamenya lebih ke Battle Adventure + TCG, gamenya menarik sebenernya cuman sayangnya gw benci TCG.


BATORU BATORU BATORU!


dan sebenernya dibanding gamenya, gw lebih tertarik sama Xperia A Feat. Hatsune Miku nya.




Dan... sisanya.... adalah keramaian pengunjung yang ada di eksibisi MikuExpo..

Beberapa orang banyak yang tidak sadar (atau mungkin tidak tau) akan kehadiran CEO Crypton, Hiroyuki Itoh yang berjalan lalu lalang di eksibisi. Sementara gw sih berhasil minta foto bareng dengan 'bapaknya' Miku satu ini di hari kedua.





Selanjutnya, mari kita bahas bagaimana konsernya!

Saat-saat memasuki konser (DAY 1).


Dan gw sempat foto-foto venue beberapa waktu jauh sebelum konser mulai untuk mengabadikan keramaiannya. Kalau pihak Crypton atau promotor merasa saya tidak boleh menyebarkan foto ini, saya akan menghapusnya.


Foto-foto saat konser berlangsung diambil dari Official Page Miku Expo di Facebook.

Terus.. terus.. bagaimana bagus ga konsernya gan?

MANTAP SEKALI! PUAS BANGET UDAH BISA NONTON KONSER MIKU INI!!
Kasian banget deh ama yang cuman nonton di yutub

Viewing sendiri menurut gw, untuk best view keseluruhan stage adalah dibelakang, karena ruginya gw yang berada di row terdepan dan juga dipinggir (di kiri stage) ga bisa liat keseluruhan stage yang fabulous tersebut. Dan juga karena dipinggir saat banyak backlight di belakang Miku dan Miku berjalan ke kanan, langsung kelihatan transparan ga keliatan soalnya kalah ama cahaya backlight di belakangnya. Memang masalah viewing angle sih. Tapi keuntungan gw yang berada di row depan adalah lebih dekat dan jelas dengan screen asli Miku. Dan sepertinya Mikupa ada peningkatan di detail dan teknologi ya. Makin bagus soalnya biarpun dilihat dari dekat.


Lagu pembuka udah menghentak dengan langsung Senbonzakura, diikuti lagu yang tidak kalah enerjik yaitu Kochi muite baby dan Marginal. Heck dengan tiga lagu ini saja energi gw udah cukup terkuras.


Sebenernya ga ada lagu yang tergolong baru, bener-bener lagu lama yang di mainin di Mikupa alias, itu lagi itu lagi. Tapi hal ini juga ga sepenuhnya buruk karena dengan lagu yang lebih banyak orang familar. Jelas karena memang tracklist tersebut adalah lagu-lagu yang sangat popular dengan jutaan lebih view. Ga bikin orang lain bengong dan nanya-nanya.. "Ini lagu apa?" selain itu jelas sensasi menonton konser beda dibanding dengan yang biasa nonton di depan layar.

Fangirl nya Len langsung berteriak histeris

Tapi ada satu lagu ekslusif yang mungkin ga bakalan ada di konser Miku ditempat lain, yaitu Venus diujung jari dari hasil karya producer Indonesia loh!! tidak ketinggalan sebelumnya Miku berbicara dengan Bahasa Indonesia dulu.



Karena gw sering nonton Mikupa....... dilayar komputer... gw sampe hapal wajah-wajah pemaen band nya, apalagi drummer nya yang mirip ama HardGay.


Best moment ada pada Hatsune Miku no Gekishou, selain karena moment miku bersayap yang terbang yang bikin emosinya dapet, klo ada yang apal lyrics dan artinya pasti lebih mak jleb lagi! sampe mata gw berkaca-kaca dan setes air mata keluar saking terharu dan kagumnya!. Masih inget saat sebelum konser, sambil antri merchandise salah satu teman gw pinjem Vita yg gw bawa karena penasaran dengen Gekishou Exteme di Project Diva F 2nd.

Berikut Tracklist lagu yang dibawakan di Konser Miku Expo 2014 Indonesia.

1. Senbonzakura
2. Kocchi Muite Baby
3. Marginal
4. Love Colored Ward
5. Colourful x Melody
6. Fire Flower
7. Migikata no Chou
8. Melancholic
9. Kokoro
10. Torinoko city
11. Musunde hiraite rasetsu to mukurou
12. Romeo to Cinderella
13. Piano x forte x scandal
14. Pane Dhiria
15. Sennen no Dokusou Ka
16. PoPiPo
17. Shiroi Yuki no Princess wa
18. Venus di ujung jari
19. Double lariat
20. Luka Luka☆Night Fever
21. Himitsu Keisatsu
22. Yellow
23. Hatsune Miku no Gekishou
24. Melt
--ENCORE--
25. Tell Your World
26. Miku miku ni shite ageru
--End Song--
27. Letter song

Tracklist konser Show 1, 2, dan 3 sama kok. Udah confirm ama temen-temen gw yang nonton beda waktu. tapi katanya di Day 2 settingan stage nya lebih awesome lagi.

Sayang sekali Meiko cuman kebagian satu lagu, ga seperti Rin, Ren, Kaito yang masing-masing mendapatkan dua lagu solo. Lagu-lagu nya Meiko emang sedikit dan jarang terkenal sih, padahal ada lagu yang bagus banget seperti Kowase Kowase buatan producer E.L.V.N. PianoxFortexScandal yang dibawain di konser ini juga bagus banget lagunya, sayang yang tau memang dikit malah banyak yg duduk. Kasihan Meiko, padahal dia perintis Vocaloid waktu masih versi pertama, yang berarti senpai nya Miku. Merchandise keychain nya pun paling masih tersisa ketika Miku, dkk sudah pada Sold Out.


Untuk Rin sih udah seneng banget bawain Melancholic, pas banget dengan kaos yang gw pake saat itu dan Kokoro yang menjadi lagu yang Rin yang paling terkenal pada masanya dan juga lagu Rin yang pertama kali gw denger dan suka. Puas banget bisa ikut joged di lagu PoPiPo dan of course Luka Luka Night Fever! sangat beruntung gw berada di Row A yang depannya ada space kosong luas banget. Luka juga membawakan Double Lariat yang menjadi lagu pamungkasnya seperti Kokoro nya Rin. Untuk Miku? tidak akan lengkap tanpa membawakan MELT! tanpa adanya MELT mungkin Miku tidak akan terkenal seperti saat ini. Untuk encore paling berkesan jelas Tell Your World, lagunya jelas populer dan gw yakin semua penonton tau.




Setelah konser berakhir, yang membuat gw datang kembali adalah, gw beruntung mendapatkan invitation untuk Panel dari Crypton. Ya intinya sih dapet undangan seminar dengan CEO Crypton, Hiroyuki Itoh memberikan presentasi produknya.

Sebelum mulai registrasi dulu gan

Gw akan coba paparkan beberapa hasil dan point penting yang didapatkan dari Panel Crypton ini.


Hiroyuki Itoh san menjelaskan dari mulai apa itu Crypton Future Media, sejarah Hatsune Miku, Vocaloid, Budaya yang dihasilkan, Teknologi yang digunakan, sampe tentang konser dan Miku Expo ini sendiri.

Beliau menjelaskan bahwa Crypton Future Media sendiri ada sebuah perusahaan software yang bermarkas di Sapporo, Jepang yang memproduksi software-software virtual music instrument. Sampai pada akhirnya mereka menyadari bahkan ada satu komponen penting dalam instrumen musik yang belum ada 'virtual' nya, yaitu Vokal!. Begitulah awal bagaimana mereka pada akhirnya bisa membuat produk dari Vocaloid yang sedang dikembangkan oleh Yamaha, Crypton ikut join dengan Yamaha untuk mengembangkan Vocaloid sampai akhirnya melahirkan Vocaloid pertama dari Crypton yaitu KAITO dan MEIKO.

Vocaloid terus berkembang, sampai Crypton ingin menghasilkan Vocaloid dengan suara yang lebih halus. Maka terlahirlah Hatsune Miku yang sudah menggunakan Engine Vocaloid baru yaitu Vocaloid V2 atau sebut saja Vocaloid2. Dan terus menerus berkembang sampai menghasilkan karakter baru yaitu Kagamine Rin dan Len, lalu Megurine Luka yang Vocaloid pertama yang dapat menyanyikan Bahasa Inggris, berkembang lagi ke Hatsune Miku Append atas dasar keinginan Crypton yang ingin agar MIku dapat lebih berekspresi lagi, terus berkembang ke Engine baru sehingga menghasilkan Vocaloid V3 atau Vocaloid3. Vocaloid 3 yang telah dirilis oleh Crypton adalah Kaito V3, Meiko V3, dan Hatsune Miku V3. Selanjutnya yang akan rilis adalah Megurine Luka V3 dan akan disusul nantinya oleh Kagamine Rin/Len V3.

Suasana saat seminar berlangsung

Hiroyuki Itoh san terus bercerita tentang pada akhirnya Miku menciptakan sebuah budaya baru, Menciptakan sebuah komunitas kreatif, yang bukan hanya di musik tapi media lainnya, sehingga Crypton membuat Label bernama KARENT dan Piapro sebagai Community Generated Media.

Setelah itu beliau menjelaskan tentang Konser Miku, dari sejarah terciptanya konser Hatsune Miku, juga teknologi yang digunakan. Dan dari semua konser tersebut tiket terjual habis, alias SOLD OUT. Dari sini juga beliau bercerita bahwa dengan biaya untuk membawa teknologi yang digunakan untuk konser Hatsune Miku ke luar negeri membuat setiap konser yang diadakan diluar negeri mengalami kerugian. Tapi pihak Crypton tidak patah semangat dan terus berusaha untuk menghadirkan konser Hatsune Miku ke luar Jepang.

Mungkin banyak yang pengen tahu alesan sebenernya kenapa Indonesia terpilih sebagai negara pertama untuk diadakannya Miku Expo?
Alasan pertama yang mungkin banyak orang sudah tau adalah voting 'Help us find You' di Mikubook. Alasan kedua adalah karena sebenarnya Crypton tidak bodoh dengan serta merta mempercayai hasil polling tapi mereka melakukan research terlebih dahulu yang akhirnya mendapatkan laporan dari KARENT bahwa ada Circle komunitas Vocaloid di Indonesia yang telah menerbitkan karyanya di KARENT, dikenal dengan VOCALO.ID atau forumnya Vocapost. Yang memiliki keunikan tersendiri karena membuat karyanya dengan Miku bernyanyi dengan Bahasa Indonesia!. Oleh karena ini lah Crypton melihat potensi yang ada di Indonesia, So berterimakasih lah pada VOCALO.ID dan support mereka!.

Yah sayang sekali gw ga dapet kesempatan untuk bertanya kepada Hiroyuki Itoh san, tapi akurapopo lah soalnya pertanyaan gw juga sudah terwakili kok.

Saat waktu telah menunjukan pukul 18:00 maka sudah saatnya kita berpisah, dan sebagian peserta pun hasil meninggalkan tempat untuk menuju ke konser (Show 3)

Suasana pintu masuk venue konser show 3 pada hari kedua


Ok mungkin segitu saja yang bisa gw ceritakan tentang perjalanan dan pengalaman gw di Miku Expo juga apa aja sih yang ada disana. Mohon maaf karena ga bisa ditampilkan semuanya karena akan membuat tulisan ini menjadi lebih panjang.

Kesimpulannya, gw pikir Miku Expo ini sukses dan hasilnya memuaskan! cuman segala sesuatu memang tidak ada yang sempurna. Setelah gw sebutin hal-hal yang bagus-bagus nya sekarang waktunya kritik hal-hal buruk yang ada di Miku Expo.



1. Tidak adanya penjagaan ketat saat konser berlangsung sehingga oknum yang tidak bertanggung jawab dapat leluasa merekam padahal sudah diperingatkan berkali-kali. Ga semua penonton itu cerdas so, pengamanan saat konser baik itu oleh staff dan security sangat diperlukan. Harus tegas! klo ada yang melanggar rampas barang untuk merekamnya lalu hapus datanya kalau perlu usir keluar. Selain masalah merekam, ada juga orang yang ga tau malu dari seat belakang maju kedepan, pas ngalangin gw sih udah langsung gw tegur untuk minggir tapi orangnya minggir malah diem di lorong jalan yang memisahkan antar seat bukannya nyadar.

2. Security JCC emang beneran sampah abis, selain ga bisa mengamankan dengan benar seperti yg gw sebutin di point 1. Mereka sendiri malah bekerja sama dengan calo. Hal ini sudah gw temukan sejak AFAID 2013 tahun kemarin. Terus gw sempet berantem sama security bodoh yang ga mengijinkan gw masuk gara-gara ticketnya untuk hari pertama. Padahal di term nya Ticket Holder dapet prioritas masuk dan saat itu gw akan menghadiri Panel Crypton, gw udah kasih lihat email invitationnya tapi securitynya tetap bego. Klo masalah Tiket Holder B atau C yang akan menghadiri konser itu lebih diprioritaskan dari yg A alias Show kemarin sih ga masalah supaya mereka masuk duluan karena mau menghadiri konser terus setelah mereka masuk kita baru dikasih akses masuk tapi ini sih memang goblok nya keterlaluan itu security, Sayangnya ini memang security dari JCC nya aja yang ancur seperti itu pasti AFAID juga bakalan kek gini klo ga ada perhatian dari pihak penyelenggara.

3. Penempatan Booth kacau, yang paling kacau adalah Photo Stage yang disimpan sebelah Booth merchandise sehingga akhirnya malah penuh dengan orang yang antri beli merchandise. Kasian bener orang yang mau foto-foto disana, terutama para cosplayer yang dateng. Dan seperti yang udah sempet disebut bahwa penempatan Life size figure Miku engga banget deh, ga keliatan menarik dan bagusnya, terkesan asal padahal figurenya sendiri bagus. Seandainya lebih ditata dengan baik, diberi background dan ornamen lainnya pasti akan jauh lebih baik.

dan mungkin ada hal-hal lain yang bisa kalian ungkapkan juga disini.




Setelah berlangsungnya Miku Expo baik setelah Day 1 dan Day 2 ternyata kita masih menemukan masalah.

Ya itu, masalah yang ngerekam dan nyebarin ke Yutub.

Mungkin ini efek dari kekacauan kemarin sehingga pemilik account FetBoySlim mengupload video rekamannya ke Yutub. Gw juga sesalkan kepada penonton lho kok kenapa ga ada yang negor dia. Soalnya gw juga baru sadar ada yang rekam pas konser berlangsung ketika handphone si perekam tertangkap oleh kamera dan ditampilkan di screen!. Sungguh sangat memalukan sekali.



Pelaku mungkin ingin menjadi cepat famous di internet dan dipuja menjadi pahlawan oleh fans karbitan yang nonton di yutub. Tapi parahnya oknum yang melakukan itu cuman bukan dia saja, jadi klo kalian menemukan video rekaman illegal tersebut tolong segera bantai dan laporkan.

Eniwey, Maksud sebenernya AFA itu dia akan nuntut pelaku upload dengan 'serious legal action' dan membanned yang bersangkutan ke semua event anime yang setidaknya diselenggarakan oleh SOZO (promoternya AFA, JMF, Miku Expo Indonesia) bukan brarti banned Indonesia secara keseluruhan. Tapi tetep aja itu peringatan keras yang ga bisa diacuhkan dan bisa dijadikan peringatan untuk orang lain yang telah/akan melakukan hal yang sama. Karena ya klo makin banyak yang kyk gini, para license holder di Jepangnya sendiri bakalan males dan tidak ada AFA dan acara lainnya di Indonesia bisa saja terjadi sebagai 'worst case' nya.

Ada juga orang yang bodoh dan tidak bertanggung jawab mengotori Piapro Wall dengan hal seperti ini.


Ya klo gw tau siapa orangnya dah gw gusur keluar terus gebukin ampe babak belur.

Makin terlihat pula faktor kesengajaannya.


Ini jadikan bahan instrospeksi diri sendiri aja dan juga peringatan untuk tidak melakukan hal memalukan seperti itu. Event Internasional loh skalanya!. Selain itu hargain buat orang-orang yang beneran 'Fans' yang sudah dateng ke acaranya. Sekali lagi jangan permalukan diri anda sendiri!!!.

Tapi Faith in Imanity masih belum hilang selama masih ada fans-fans sejati seperti ini. DON'T LOSE YOUR WAAAAAAAAAAAAAAAYYYY!!!

Foto di dapatkan dari Facebook, credit kepada pemilik foto aslinya soalnya gw ga tau siapa.

Okay mungkin segitu yang bisa gw sampaikan di Field Report Hatsune Miku Expo 2014 di Indonesia ini. Semoga berkenan untuk kalian yang telah capek-capek meluangkan waktu untuk membacanya. Terima kasih, Kalian Luar biasaaaaa!!

Terima kasih banyak juga untuk Crypton, SOZO, Marygops, MAGES dan Mikupa Team, dan segala pihak yang terlibat sehingga acara ini dapat terlaksana.

Sampai ketemu lagi.

Cheerio!!!

5 komentar:

  1. Awesome report! dan soal view dibelakang. emang view dibelakang lebih 'kerasa', plus tempat Bronze itu cuma keisi sekitar 60%an, jadi masih leluasa untuk loncat loncatan. meskipun agak sedih juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata temen yang nonton di barisan Silver sih
      dapet view nya bagus banget, dan kebetulan dia pas ditengah-tengah juga

      Hapus
  2. Ane dulu ikut ngevote buat Indonesia tapi malah gak bisa datang TT^TT Sibuk nyari kuliah *curcol* *dilempar elpiji3kg*

    BalasHapus
  3. Jadi anda yang Pengguna Lonteloid.....

    BalasHapus